cover
Contact Name
Sri Suryanti
Contact Email
srisuryanti@umg.ac.id
Phone
+6281280297873
Journal Mail Official
didaktika@umg.ac.id
Editorial Address
Faculty Teacher Tranining and Education, Universitas Muhammadiyah Gresik Jl. Sumatera No. 101 GKB Kebomas Gresik Provinsi Jawa Timur
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan
ISSN : 16934318     EISSN : 26218941     DOI : http://dx.doi.org/10.30587/didaktika
Core Subject : Education,
didaktika Jurnal Pemikiran Pendidikan memuat hasil penelitian dibidang pendidikan, baik pendidikan matematika, pendidikan bahasa inggris maupun pendidikan dasar
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 22 No 2 (2016)" : 8 Documents clear
PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA GRAFIK PADA SISWA KELAS X.6 SMAN 1 KEDAMEAN - GRESIK Parwoto Parwoto
DIDAKTIKA Vol 22 No 2 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (611.483 KB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajarsiswa menggunakan pembelajaran Direct Instruction ( DI ) dengan eksperimen. Penelitianini dilaksanakan di kelas X-6 SMA Negeri 1 Kedamean Gresik tahun pelajaran 2012-2013.Dengan latar belakang data prestasi siswa awal yang lulus nilai KKM sebesar 37,5% sertasebagian besar siswanya belum memiliki keterampilan motorik. Satu diantara sebab tidakberhasilnya siswa dalam menguasai suatu konsep dalam Fisika adalah lemahnyakemampuan siswa dalam membaca grafik. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus,setiap siklus dilaksanakan 3 x TM, dan setiap TM x 45 menit. Pelaksanaan pembelajaransetiap siklus dilaksanakan dengan satu kegiatan eksperimen menggunakan LKS dan diakhir pembelajaran setiap siklus dilakukan penilaian performan untuk menjaringkemampuan pembelajaran siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Setelah diupayakan perbaikan pembelajaran pada siklus-I prestasi kelulusan nilai KKMmeningkat menjadi 66,4% dan dilanjutkan dengan pembelajaran pada siklus-II prestasikelulusan nilai KKM semakin meningkat menjadi sebesar 75,61%; (2) Partisipasi siswaselama mengikuti kegiatan pembelajaran fisika meningkat, karena poses belajar mengajardengan metode eksperimen lebih berpusat kepada siswa; (3) Keterampilan motorik siswamengalami peningkatan, karena melakukan kerjasama melakukan eksperimen dalammencari data dan mengolah data; (4) Respon positif dari siswa yang menunjukkan adanyaketertarikan terhadap penerapan metode eksperimen sehingga dapat menambah minat danmotivasi siswa dalam belajar. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwapembelajaran Direct Instruction dengan metode eksperimen dapat meningkatkankemampuan membaca grafik siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Kedamean Gresik.
ENGLISH DAILY NEWSPAPER AND ITS IMPACT ON PROFESSIONAL LITERACY FOR ENGLISH LECTURER Jasuli Jasuli
DIDAKTIKA Vol 22 No 2 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (139.722 KB)

Abstract

The present study aims at finding the impacts of English daily newspaper on thedevelopment of professional literacy for lecturer. The literate daily habit of Englishlecturers is the underlying reason why this study is carried out. The literate habits can befound where lecturers used to be reading printed mass media written in English besidesreading other primary textbooks and references. They designate The Jakarta Post massmedia which is the biggest mass media in Indonesia written in English. As the study focuseson how the daily newspaper contributes to their professional literacy, a qualitativedescriptive research design is used to execute the study. The respondents are Englishlecturers of Teacher Training and Education (IKIP) Budi Utomo Malang consisting ofseventeen lecturers. The data is gained through observation and interview. Based on thedata analysis, it is found that English daily newspaper has impacts on lecturers' professionalliteracy. Respondents were challenged to how Indonesian phrases are expressed in English.They are also challenged to be more critical reader, both editing and content critical based.While on their duties of Tridharma, the newspaper is leveraged as classroom supplementsfor teaching language skills and components as well as linguistics and literature studies.Their writing stamina also boosted as their input from the news increased. Finally, theirexperiences are very often expressed in their last Tridharma duties, i.e. public services bysharing and upgrading teachers' literacy at schools.
VALIDITY AND RELIABILITY ANALYSIS OF ASSESSMENT FOR CUSTOMER SATISFACTION AT UNIVERSITY OF MUHAMMADIYAH GRESIK Khoirul Anwar; Maulidiyah Amalina Rizqi
DIDAKTIKA Vol 22 No 2 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.58 KB)

Abstract

This study is aimed at analyzing validity and reliability of service questionnaires tomeasure the level of customer satisfaction at the University of Muhammadiyah Gresik.There were three questionnaires to be developed for services; at units and university level,at Study Program services, and at services of learning evaluation by lecturers. By usingquantitative descriptive analysis of SPSS application, the results showed that the averagevalues of Cronbach alpha for the three types of the questionnaires were 0.778 to 0.806,0.874 to 0.884, 0.964 to 0.966, and in consecutive, their r values were 0.806, 0.884, and0.966. Thus three of these questionnaires fulfilled the validity and reliability for bothCornbach alpha and r value that was already above 0.3 or approaching one. Therefore, thethree questionnaires are acceptable to explore customer satisfaction data used at theUniversity of Muhammadiyah Gresik.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUTAINMENT PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP Ayu Nur Wijayanti; Fatimatul Khikmiyah
DIDAKTIKA Vol 22 No 2 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (546.194 KB) | DOI: 10.30587/didaktika.v22i2.217

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran edutainment pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP. Media pembelajarandiperlukan oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika karena karakteristik matematika yang abstrak. Visualisasi merupakan salah satu cara yang yang dapat dilakukan untuk mengkongkritkan sesuatu yang abstrak. Perkembangan teknologi dan informasi berdampak pada berkembangnya visualisasi dalam bentuk animasi dan suara. Media edutainment merupakan media yang dikembangkan dengan Macromedia Flash 8 dan diharapkan dapat membuat pembelajaran matematika menjadi lebih menyenangkan karena unsur gambar, animasi dan suara. Model pengembangan media ini mengacu pada model ASSURE yang dikembangkan oleh Sharon Smaldino, Robert Henich, James Russel, dan Michael Molend. Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas VII-A SMP Muhammadiyah 1 Gresik dengan jumlah peserta didik sebanyak 24 yang terdiri dari 11 laki-laki dan 13 perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket dan pengamatan sedangkan instrument dalam penelitian ini adalah 1). Lembar angket gaya belajar peserta didik, 2). Lembar angket respon peserta didik, 3). Lembar angket kepraktisan media, 4). Lembar validitas media, 5). Soal tes, 6).Lembar pengamatan aktifitas peserta didik. Hasil analisis menunjukkan persentase akhir dari validator sebesar 82,6%, artinya media tersebut dikatakan sangat valid. Penilaian secara umum validator didapatkan bahwa media pembelajaran edutainment termasuk praktis. Dari hasil uji coba terbatas yang dilakukan menunjukkan bahwa media edutainment efektif karena telah memenuhi 3(tiga) kriteria yang ditetapkan. Demikian desain media pembelajaran edutainment yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan.
TINGKAT PEMAHAMAN PERSAMAAN DIFFERENTIAL MERUJUK PADA TINGKAT PEMAHAMAN GEOMETRI DERAJAT v HIELE Midjan Midjan
DIDAKTIKA Vol 22 No 2 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (929.623 KB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan hasil tingkat pemahaman mata kuliah PersamaanDiffrential berdasarkan pada tingkat pemahaman geometri derajat v Hiele, yangbersesuaian dengan pola tingkat pemahaman konsep Geometri ruang, Geometri Analit,dan Media Pembelajaran Matematik, pada penelitian pendahuluan di UMG Gresik.Instrumen tes merupakan konversi terjemahan yang berasal dari tes geometri v Hielekonstruksi CDASSG (Usiskin dan Wilson,1990) menjadi tes persamaan diffrential yangterdiri dari 25 butir soal multiple choise dengan 5 foil setiap butir dan 5 butir setiap tingkatyang diadministrasikan kepada 42 mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UnmuhGresik dengan hasil sebagai berikut: 14, 10, 6, 3, 1, atau 33,33%; 23,81%; 14,28%;7,14%, 2,38 % responden masing-masing pada tingkat: Visualisasi, Analisis, Deduksi-Informasi, Deduksi, dan Rigor, dan 8 mahasiswa atau 19,04 % responden tidakterklasifikasi pada derajat v Hiele. Tingkat ini bersesuaian dengan tingkat pemahamanpada mata kuliah Geometri ruang, Geometri Analit, dan Media Pembelajaran Matematik,dengan hasil: 10, 8, 5, 3, 0, kemudian 12, 8, 5, 2, 1 dan 10, 8, 6, 2, 1 atau 31,25%; 25%;15,62%; 9,38%, 0 % , kemudian 37, 5%; 25%; 15,62%; 6,25%, 3,125 % 31,25%; 25%;18,78%; 6,25%, 3,125 % dan sebanyak 6, 4 dan 5 atau 18,78%, 12,5% dan 15,625%responden yang tidak terklasifikasi dalam derajat v Hiele, yang dalam proses pembelajaranmemang tampak tidak mampu memahami konsep ke empat mata kuliah tersebut.Penelitian ini, dapat diklasifikasi berdasarkan pemetaan berbantuan diagram Venn dengan4 (empat) himpunan induk dalam semesta Sik.
THE USE OF MIND MAPPING TECHNIQUE TO IMPROVE THE STUDENTS’ WRITING SKILL ON DESCRIPTIVE TEXT AT THE TENTH GRADE OF SMA PGRI LARANGAN PAMEKASAN Fujiono Fujiono
DIDAKTIKA Vol 22 No 2 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.948 KB) | DOI: 10.30587/didaktika.v22i2.218

Abstract

This study is categorized as a classroom action research (CAR). This study proposed the use of mind mapping technique to improve the students’ writing skill on descriptive text at the tenth grade of SMA PGRI Larangan Pamekasan. The instruments of this study consisted of a scoring rubric for students’ writing skill on descriptive text, questionnaires and observation checklist. The participants of the study were 20 students at the tenth grade of SMA PGRI Larangan Pamekasan. In preliminary study, the students ‘ writing skill on descriptive text and students’ motivation were still low, it was indicated that 5 students or 25% of the students passed the minimum standard achievement/KKM (76). Therefore, the researcher tried to apply the mind mapping technique to improve the students’ writing skill on descriptive text, he found the Students’ interest in learning English , students’ activeness, students’ confidence in writing. But, most students had difficulities dealing with grammar usage and less vocabularies, it was indicated in the first cycle that 9 students or 45% of the students passed the minimum standard achievement/KKM (76). Then, the second cycle would be done by revising the teaching strategy in cycle one that stated in lesson plan by considering the students’ weaknesses they made on the writing test before. In the second cycle was proven that 16 students or 80% of the students passed the minimum standard achievement/KKM (76), and the researcher stated that the students gave better respond in the second cycle than in the first cycle, more students in the second cycle were motivated so that the classroom was more active during the class. So, the results of this research stated that the use of mind mapping technique could improve the students’ writing skill on descriptive text, and class more motivated and enjoyable.
ONLINE LEARNING FOR STUDENTS 2014 OF STKIP AL HIKMAH SURABAYA: SCHOOLOGY.COM Pandu Prasodjo
DIDAKTIKA Vol 22 No 2 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.931 KB)

Abstract

Educators realize that our education today will have a huge gap with 10 to 20 years latereducation in terms of aims, methods, content, and students' orientation. This is an effect ofthe technology fast development that cannot be separated apart with people prior needs list.That is one reason educators must upgrade their ability especially in information andtechnology knowledge in order to make them able to use the development of technologywhich can be applied in learning processes.Online learning is an option to conduct teaching and learning activity for a lot of peoplewho come from many places around the world at the same time in one class. Onlinelearning is different from distant learning and e-learning even though they havesimilarities. Through online learning all students are enthusiast conducting teaching andlearning activities, it could accommodate a lot of people in the same time to conductteaching and learning activity, it is valuable for adult learners, facilitators role is importantto maintain students' willingness to study, and it is limited by distance and time in certaincontext.
KEMAMPUAN PENALARAN MAHASISWA DALAM PEMBUKTIAN TEOREMA PADA MATA KULIAH ANALISIS REAL 1 Ikhsan Ikhsan
DIDAKTIKA Vol 22 No 2 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.093 KB) | DOI: 10.30587/didaktika.v22i2.219

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa ProgramStudiPendidikan Matematika dalam hal penalaran pada mata kuliah Analisis Real 1. Matakuliah Analisis Real 1 menekankan pembuktian teorema-teorema dasar pada bilangan real.Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester lima tahun akademik 2015/2016Program Studi Pendidikan Matematika. Kemampuan mahasiswa Program StudiPendidikan Matematika dalam hal penalaran pada saat awal memasuki semester limamasih dikategorikan sama dengan kemampuan mahasiswa tahun-tahun sebelumnya padaawal-awal memasuki semester lima. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) melalui kegiatan Lesson Studi dengan empat siklus. Hasil penelitian menunjukkanbahwa kemampuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dalam halpenalaran melalui pembuktian teoremapada mata kuliah Analisis Real 1dikategorikan baiksecara signifikan. Artinya ada peningkatan secara signifikan kemampuan mahasiswaProgram Studi Pendidikan Matematika dalam hal penalaran melalui pembuktian teoremapada mata kuliah Analisis Real 1.

Page 1 of 1 | Total Record : 8